SEJARAH PERKEMBANGAN E-LEARNING
E-Learning (Electronic Learning) pertama kali dikembangkan oleh Universitas Illinois Urbana champaign pada saat itu menggunakan sistem instruksi berbasis komputer ( computer – assisted instruction ) komputer yang digunakan adalah PLATO.
CBT (Computer Based Training).
Konsep E-Learning yang pertama adalah CBT (Computer Based Training), konsep CBT berkembang era 1990 dimana E-Learning sudah dalam bentuk software yang berjalan pada PC. Materi CBT sudah berbentuk teks ataupun multimedia ( kombinasi teks, audio dan video ). Pada tahun 1994 CBT semakin diterima oleh masyarakat luas, oleh karena itu banyak developer yang mengembangkan software E-Learning dan memproduksinya secara massal baik komersil maupun non komersil. Namun pada CBT komunikasi hanya berjalan satu arah, dalam hal ini sistem belajarnya hanya sebatas mengakses aplikasi yang berada dalam CBT.
WBT (Web Based Training).
Berikutnya adalah WBT (Web Based Training), WBT merupakan pengembangan dari CBT (Computer Based Training) yang sudah memasukkan teknologi internet. Sehungga dakam konsep pembelajaran WBT dapat terjadi komunikasi dua arah antara pendidik dan peserta didik.
LMS (Learning Manajemen System).
Pada tahun 1997 muncul konsep pembelajaran LMS (Learning Manajemen System), LMS merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan, software LMS beertugas mendistribusikan program melalui internet dengan fitur kolaborasi secara online. Implementasi pada pelatihan korporasi misalnya digunakan untuk otomatisasi pencatatan dan pendaftaran karyawan.
E-Learning 2.0
Berikutnya adalah E-Learning generasi kedua atau biasa ditulis E-Learning 2.0. Disebut E-Learning 2.0 karena terinspirasi oleh munculnya teknologi web 2.0 yang dicetuskan oleh O’Reilly Media pada tahun 2003. Pada E-Learning 2.0 menekankan pada pembelajaran yang bersifat sosial dan penggunaan perangkat lunak sosial semacam web, blog, wiki dsb.
---- created by rahmatovv ----
Tidak ada komentar:
Posting Komentar