MODEL BISNIS
Model bisnis adalah salah satu yang mempengaruhi performa dari suatu bisnis selain
lingkungan dimana suatu bisnis dijalankan.Model bisnis dapat diibaratkan sebagai sistem yang terstruktur, dimana didalamnya terdapat komponen-komponen yang membangunnya.
Diantaranya komponen- komponen tersebut ialah antara lainnya:
1. Strategi Pricing
Bagian yang terpenting dari model bisnis adalah strategi pricing, dimana sebuah perusahaan harus memberikan harga yang tepat kepada pelanggan agar pelanggan merasa puas dan mau menggunakan produk yang kita tawarkan.
2. Scope
Sekmen pasar produk yang ditawarkan juga sangat berpengarh kepada produk yang kita tawarkan, kita harus membatasi sekmen agar produk kita memiliki value lebih dibandingkan produk yang lain.
3. Profit Site
Profit site dikatan menarik ketika perusahaan kita memiliki pesaing yang kuat dan sebaiknya profit site sebuah perusahaan dikatakan rendah apa bila produk yang kita hasilkan sedikit kompetitornya atau bahkan tdak ada kompetitornya.
4. Customer Value
Customer value atau keuntungan yang dirasakan oleh pengguna produk dari perusahaan kita, hal ini diperoleh dari keunikan produk kita yang tidak dimiliki oleh produk yang sejenis dari perusahaan lain. Bisa dari segi harga, fitur, servis, mutu produk hubungan antar fungsi ddan lain sebagainya.
5. Capability
Adalah kemampuan suatu perusahaan untuk melakukan aktivitas yang mempunyai nilai tambah bagi perusahaan tersebut. Peningkatan kapabilitas pada sumber daya diperlukan untuk mendukung costumer value.
Selain kemampuan sumber daya yang berpengaruh pada model bisnis adalah kemampuan bersaing, dalam hal ini perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan lain yang produknya sejenis dengan produk yang kita hasilkan.
6. Sustainability
Apabila suatu perusahaan mempunyai keuntungan yang lebih maka tidak mudah bagi kompeitor ontuk melampauinya. Untuk mempertahankannya tentu tidak mudah, hal ini tergantung pada capability perusahaan tersebut.
7. Cost Structure
Pengaturan cost atau pengeluaran harus diperhatikan oleh perusahaan, apakah sesuai denga pendapatan atau tidak, hal ini sangat erat hubungannya denga strategi pricing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar